Soal Korespodensi II


1. Surat Pengaduan Keterlambatan Barang
Dalam surat pengiriman barang dari PT Cipta Karya disebutkan bahwa seharusnya barang diterima oleh PT Tunas Jaya pada tanggal 13 Maret 2012. Akan tetapi sampai tanggal hari ini (15 Maret 2012) barang tersebut belum diterima. PT Tunas Jaya meminta agar barang bisa diterima pada tannggal  19 Maret 2012. Apabila sampai pada tanggal tersebut barang belum juga diterima maka pesanan akan dibatalkan. Buatlah surat pengaduan keterlambatan tersebut, bentuk surat Semi Block Style. Nomor surat: 145/KT/III/2012
2.  Surat Pengaduan Kerusakan Barang
PT Tunas Jaya telah menerima kiriman barang yang berupa mesin stensil merk Sony seri 7501 sebanyak 3 unit dan printer merk Epson seri 4501 sebanyak 6 unit. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata ada satu unit mesin printer yang rusak. Untuk itu, PT Tunas Jaya meminta mengganti printer yang rusak tersebut dengan yang baru. Mengenai ongkos kirimnya ditanggung oleh PT Cipta Karya. Buatlah surat tersebut dalam bentuk Full Block Style, tanggal surat hari ini. Nomor surat: 146/KR/III/2012
3.  Surat penolakan Pengaduan
Surat Pengaduan dari PT Tunas Jaya telah diterima dengan baik. Kemudian PT Cipta Karya mencari penyebab mengenai keterlambatan barang tersebut. Ternyata keterlambatan barang terjadi bukan karena kesalahan dari PT Cipta Karya. Penyebabnya terjadi karena kecelakan yang dialami oleh jasa angkutan dalam perjalanan pengiriman barang. Buatlah surat penolakan pengaduang tersebut dalam bentuk Hanging Paragraf, tanggal surat hari ini. Nomor surat: 112/PL/III/2012
4.  Surat Penyesuaian Pengaduan
PT Cipta Karya telah menerima surat pengaduan kerusakana barang dari PT Tunas Jaya. PT Cipta Karya bersedia untuk mengganti printer yang rusak dengan yang baru. Barang pengganti tersebut akan segera dikirimkan, paling lambat tanggal 25 Maret 2012 barang yang baru akan diterima oleh PT Tunas Jaya. PT Cipta Karya juga menyetujui untuk menanggung biaya pengirimannya. Buatlah surat penyelesaian tersebut dalam bentuk Indented, tanggal surat hari ini, nomor surat: 113/PS/III/2012.
5.  Surat Pembelian Kredit
PT Tunas Jaya bermaksud memesan peralatan kantor yang berupa mesin stensil merk Sony seri 7501 sebanyak 3 unit dan printer merk Epson seri 4501 sebanyak 6 unit secara kredit. Total harga dari barang-barang pesanan tersebut senilai Rp 560.000.000,00. Untuk pembayarannya 3 bulan setelah barang diterima. Buatlah surat tesebut dalam betuk Block Sytle, tanggal surat hari ini, nomor surat: 147/PK/III/2012.
6.  Surat Penolakkan Pembelian Kredit
Surat pembelian secara kredi dari PT Tunas Jaya telah diterima dengan baik. Akan tetapi pesanan tersebut belum bisa dipenuhi karena PT Cipta Karya melayani pembelian secara kredit hanya kepada pelanggan yang sudah tetap. Sedangakan PT Tunas Jaya merupakan pelanggan baru. PT Cipta Karya dapat melayani pesanan dari PT Tunas Jaya tetapi dengan pembelian secara tunai. Buatlah surat penolakan tersebut dalam bentuk Full Block Style, tanggal surat hari ini, nomor surat: 114/PL/III/2012.
7.  Surat Penerimaan Barang
PT Tunas Jaya telah merima kiriman yang berupa mesin stensil merk Sony seri 7501 sebanyak 3 unit dan printer merk Epson seri 4501 sebanyak 6 unit. PT Tunas Jaya mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang baik dari PT Cipta Karya. Sesuai permintaan, PT Tunas Jaya uang sisa pembayaran sejumlah RP 42.000.000,00 melalui Bank Mandiri. Salinan bukti transfer terlampir. PT Tunas Jaya juga menyatakan apabila mesin stensil dan printer laku terjual maka akan memesan kembali ke PT Cipta Karya. Buatlah surat tersebut dalam bentuk Semi Block Style, tanggal surat hari ini. Nomor surat: 148/PM/III/2012

0 komentar:

Posting Komentar