Soal Korespodensi III


1.    Surat Permohonan Referensi
PT Tunas Jaya akan membeli barang secara kredit kepada PT Cipta Karya. Dalam surat pesanannya, PT Tunas Jaya menunjuk PT Abunawas sebagai referensinya. PT Cipta Karya, Jalan Magelang 20 Yogyakarta mengirim surat kepada PT Abunawas yang beralamat di jalan Pandean 13 Yogyakarta mengenai permohonan referensi terhadap PT Tunas Jaya. PT Cipta Karya meminta keterangan mengenai keadaan keuangan PT Tunas Jaya. Buat Surat permohonan referensi tersebut dalam bentuk Semi Block, tanggal surat hari ini, dengan nomor surat: 115/PR/III/2012.
2.    Surat Referensi
PT Abunawas telah menerima surat permohonan referensi dari PT Cipta Karya. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa PT Abunawas telah menjalin kerjasama dengan PT Tunas Jaya sejak tahun 2002. Selama menjalin kerjasama tersebut, PT Tunas Jaya menunjukan hubungan timbal balik yand baik dan lancar dalam memenuhi kewajiban pembayarannya. Buatlah surat referensi tersebut dalam bentuk Hanging Paragraf, tanggal surat hari ini dan nomor surat: 170/RF/IV/2012.
3.    Surat Referensi Bank
Bank Persada telah menerima surat permohonan referensi dari PT Cipta Karya. Berdasarkan surta permohonan referensi tersebut, Bank Persada menjelaskan bahwa PT Tunas Jaya pernah menjadi nasabahnya. Pihak bank sering memberikan peringatan kapada PT Tunas Jaya untuk membayar hutangnya. Bahkan tanah dan gedung PT Tunas Jaya telah dijadikan jaminan untuk pengajuan kredit. Buatlah surat referansi tersebut dalam bentuk Block, tanggal surat hari ini, nomor surat: 159/RB/IV/2012.
4.    Penolakan Pesanan
Berdasarkan surat referensi dari Bank Persada tentang keadaan keuangan PT Tunas Jaya, maka PT Cipta Karya meminta maaf karena belum dapat memenuhi pesanan secara kredit. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi keuangan PT Tunas Jaya. PT Cipta Karya dapat memenuhi pesanan dari PT Tunas Jaya dengan pembelian secara tunai. Buat surat penolakkan pesanan tersebut dalam bentuk Block, tanggal surat hari ini, nomor surat: 116/PN/IV/2012.
5.    Surat Penangguhan Pembayaran
Berdasakan kesepakatan antara PT Ciputra dan PT Tunas Jaya, pelunasan pembayaran sebenarnya jatuh pada tanggal 11 April 2012. Akan tetapi PT Tunas Jaya belum dapat melunasi pembayaran tersebut tepat pada waktunya karena kondisi keuangannya tergantung oleh pembayaran dari pelanggan. Sedangkan pelanggan dari PT Tunas Jaya banyak yang belum melunasi pembayarannya. Buatalah surat penangguhan pembayaran tersebut, tanggal surat hari ini, dan nomor surat: 149/PH/IV/2012.
6.    Surat Penagihan Pembayaran
Berdasarkan catatan pembukuan, PT Tunas Jaya belum melunasi faktur nomor 179/FK/IV/2012 tanggal 1 April 2012 sebesar Rp 5.500.000,00. Faktur tersebut seharusnya sudah dilunasi pada tanggal 8 April 2012. Mengingat waktu pembayaran telah lewat satu minggu, maka PT Cipta karya berharap agar pembayaran tersebut segera dilunasi melalui bakn BTN cabang Sleman sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama. Buatlah surat penagihan pembayaran tersebut dalam bentuk indented, dengan nomor surat: 117/TP/IV/2012.

0 komentar:

Posting Komentar