Soal Korespodensi

1. Permintaan Penawaran
   PT Ciputra mengirim surat kepada PT Linggar Jati yang beralamat di jalan Pandean 17 Yogyakarta untuk meminta penjelasan mengenai alat tulis kantor. Penjelasan yang diminta adalah cara pemesanan, cara pembayaran dan diskon yang diberikan. Buatlah surat tersebut dengan bentuk Semi Block, tanggal surat hari ini, nomor surat: 107/PP/III/2012.  
2. Surat Penawaran
   PT Linggar Jati bermaksud memberikan penjelasan mengenai cara pemesanan, cara pembayaran dan diskon yang diberikan untuk pembalian alat tulis kantor kepada PT Cipura yang beralamat di jalan Afandi 10 Yogyakarta. Buatlah surat penawaran tersebut dalam bentuk Full Block, nomor surat: 144/P/III/2012.
3. Surat Pesanan
    PT Ciputra mengirim surat kepada PT Linggar Jati untuk memesan beberapa alat tulis kantor. Barang yang dipesan adalah 50 rim kertas HVS A4, 10 box pulpen Pilot, 15 buah penggaris Kenko, dan 20 buah notebook. Mengenai pembayarannya kan dikirim melalui bank BTN. Buatlah surat tersebut dalam bentuk Block, nomor surat: 110/PN/III/2012.
                                                .
4. Surat Pengiriman Barang
PT Sanjaya, jalan kaliurang 11 Yogyakarta menerima pesanan dari PT Santosa yang beralamat di jalan Colombo 12 yang berupa 10 unit Televisi merk Panasonik beserta uang muka pembayaran sejumlah Rp 7.500.000,00. Barang tersebut dikirim melalui perusahaan angkutan Aulia. Semua barang dikemas dalam karton khusus dari pabrik. Di dalam setiap kemasan terdapat buku petunjuk penggunaan. Buat surat tersebut dalam bentuk Block, tanggal surat hari ini, nomor surat: 179/PB/III/2012.
5. Surat Penolakan Pesanan
PT Bakri yang beralamat di jalan Pandean 15 Yogyakarta menerima pesanan dari PT Lingkar Pena yang beralamat di jalan Colombo berupa 5 unit Mesin Fotokopi merk Canon seri 117. Akan tetapi barang tersebut tidak ada dalam persediaan. Maka dari itu PT Bakri menawarkan barang yang sama tetapi dengan merk yang berbeda. PT Bakri juga melampirkan leaflet mengenai mesin fotokopi yang ditawarkan tersebut. Buat surat tersebut dalam bentuk Full Block, tanggal surat hari ini, nomor surat: 95/PP/III/2012.

0 komentar:

Posting Komentar